Tata Cara Wudhu dan Do’a Setelah Wudhu | Informasi Islami

Tata Cara Wudhu dan Do’a Setelah Wudhu

Tata Cara Wudhu dan Do’a Setelah Wudhu

Tata Cara Wudhu, Sebagai orang muslim berwudhu adalah hal wajib yang harus dilakukan ketika hendak melakukan sholat baik itu sholat wajib maupun sholat sunnah. Berwudhu secara lahiriyah akan membersihkan sebagian tubuh kita dari kotoran dan memberikan rasa segar pada tubuh. Dan hikmah wudhu sendiri akan menghapus dosa-dosa kecil yang gugur bersama dengan jatuhnya air wudhu yang kita gunakan.


Berwudhu sendiri tujuannya adalah untuk menghilangkan hadast kecil karena ketika melakukan sholat badan kita harus terbebas dari baik itu hadast kecil maupun hadast besar. Nah dengan melakukan wudhu yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan syariat InsyaAllah tubuh kita akan dalam keadaan suci dari hadast kecil.

Berwudhu Menurut sar’i ialah membasuh sebagian anggota tubuh kita dengan air seraya berniat untuk menghilangkan hadast kecil karena Allah. Dan tentunya wudhu dilakukan sesuai dengan tuntunan. Hukum wudhu adalah wajib sebab tanpa dengan berwudhu sholat kita tidak sah dan tidak di terima oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana Hadist Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim “Tidak diterima sholatmu oleh Allah tanpa bersuci (wudhu)” . Nah agar wudhu sendiri sah maka harus dilakukan sesuai dengan tata cara wudhu yang di baik dan benar dan tentunya sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Jadi agar sholat kita sah dan diterima oleh Allah SWT maka diwajibkan untuk berwudhu sebelum mengerjakan sholat. Sebelum melakukan wudhu anda harus membersihan semua anggota tubuh yang akan dibasuh dengan air wudhu. Hilangkan segala kotoran yang dapat menghalangi air wudhu masuk ke pori-pori kulit. Jika sudah bersih anda bisa langsung melaksanakan wudhu demi syarat sahnya sholat. Nah Untuk mengetahui tata cara wudhu yang benar ikuti cara wudhu dibawah ini.

Tata Cara Wudhu:
  1. Pertama ucapkan Basmalah sembari membersihkan kedua telapak tangan sampai pergelangan tangan.
  2. Berkumur tiga kali sembari menghilangkan sisa makanan yang mungkin masih menempel di sela-sela gigi.
  3. Selanjutnya bersihkan kedua lubang hidung dengan cara masukkan air ke dalam hidung dengan cara menghirupnya dalam-dalam kemudian keluarkan kembali, lakukan tiga kali.
  4. Lalu baca lafalkan niat wudhu dan niatkan dalam hati melakukan wudhu untuk menghilangkan hadast kecil wajib karena Allah Ta’ala. Sambil berniat basuhlah muka tiga kali yaitu dari bagian yang ditumbuhi rambut hingga ke dagu atau jenggot.
  5. Selanjutnya basuh kedua tangan mulai dari ujung jari hingga ke siku, lakukan tangan kanan terlebih dahulu baru kemudian tangan kiri.
  6. Setelah itu usap rambut kepala sebanyak tiga kali, boleh bagian depan, samping atau belakang. 
  7. Selanjutnya basuk keduan daun telinga tiga kali dahulukan daun telingan bagian kanan selanjutnya daun telinga bagian kiri.
  8. Kemudian basuk kedua kaki hingga lutut. Basuhlah kaki kanan dulu selanjutnya kaki kiri.
  9. Tertib artinya melakukan wudhu sesuai dengan urutannya yaitu basuh muka - kedua tangan – rambut kepala - kedua telinga – kedua kaki.

Jika sudah selesai bacalah do'a setela wudhu:


“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukanNya. Aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ahli bertobat, jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang saleh”.

Sebelum anda wudhu perhatikan air yang hendah anda gunakan anda berwudhu, pastikan bahwa air yang anda gunakan adalah air suci dan mensucikan.

Advertisement


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top