Tata Cara Taubat Dari Dosa-Dosa Besar

Tata Cara Taubat Dari Dosa-Dosa Besar

Sebagai mana firman Allah dalam AlQuran : “Allah SWT menyukai orang –orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri (QS. Al Baqarah: 222)”. Dengan demikian bagi pembaca yang menemukan artikel ini segeralah bertobat memohon ampun atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Allah SWT Maha Pengampun, yakinlah sebesar apapun dosa kita Insya Allah Allah akan mengampuni kita, asalkan kita benar-benar melakukan taubatan nasuha sesuai dengan tuntunan.


Hal ini sebagaimana Firman Allah dalam Surah An-Nisaa, ayat 48 :  “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.”

Ketahuilah para sahabatku bahwa Allah sangat senang sekali kepada hambanya yang mau mendekati-Nya, jika kita mendekat kepada Allah sejenggal, Allah akan mendekati kita sedepa, jika kita mendekati Allah dengan berjalan, Allah akan mendekati kita dengan berlari, Subhan Allah,,, sungguh Allah SWT Dzat Yang Maha Pengampun dan Penyayang. Jika sudah terlanjut terjatuh ke dalam lubang dosa besar, janganlah putus asa, mintalah ampun kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Dibawah ini tata cara taubat dari dosa-dosa besar:

Tata cara taubat dari dosa-dosa besar

•    Puasa 3 hari niatkan puasa taubat (Ayyamil Bidh / hari2 putih), 3 hari malamnya berturut-turut lakukan sholat taubat. Sholat taubat dilakukan pada perempat malam diatas jam 2 sebelum fajar. Sholat 2 rakaat :
Rakaat pertama baca : Surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas
Rakaat kedua baca     : Surah Al-Falaq dan An-Naas

•    Setelah Salam baca:
a.    Istighfar 70x
b.    Subhanallah 70x
c.    Alhamdulillah 70x
d.    Allahu Akbar    70x
e.    Laa ilaaha Illallah70x

•    Kemudian Sujud diniati sujud syukur nangis minta ampun kepada Allah SWT dan ketika sujud mohon yang berhubungan dengan agama anatara lain :
a.    Mohon ketetapan iman
b.    Minta diterangkan hati
c.    Minta apa-apa yang diberikan / dianugrahkan bermanfaat dan barokah.
d.    Selamat dunia akhirat

•    Mengingat-ingat dan mengakui semua dosa-dosa yang dilakukan baik itu dosa meninggalkan sholat, meninggalkan puasa, judi, minum khamr, zina dan dosa-dosa besar lainnya.

•    Mengerjakan semua yang diwajibkan dan yang disunahkan oleh Allah.

Tata Cara Taubat Dari Dosa-Dosa Besar

Tata Cara Taubat Sehari-hari

Sholat taubat sehari-hari berdasarkan KH. Abdul Jalil Mustaqim (Alm.) Tulungagung, bisa dilakukan dengan sholat taubat 4 rakaat 2 salam.

Rakaat pertama setelah baca Surah Al Fatihah kemudian baca Surah Alam Nasyrah
Rakaat pertama setelah baca Surah Al Fatihah kemudian baca Surah Al Fil

Semoga ulasan tentang Tata Cara Taubat Dari Dosa-Dosa Besar ini dapat bermanfaat bagi kita dunia akhirat dan semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita amiin.

Advertisement


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top