Pengertian dan Definisi Mukallaf, Mukmin, Muslim

Pengertian dan Definisi Mukallaf, Mukmin, Muslim

Pengertian dan Definisi Mukallaf, Mukmin, Muslim – Sebagai orang Islam tentunya tidak asing lagi dengan istila yang saya sebutkan tadi atau lebih jelasnya adalah mukallaf, mukmin dan muslim. Mungkin bukan hanya mendengar saja akan tetapi sering terlontar dalam ucapan kita. Nah sekarang apa sih pengertian atau definisi dari ketiga istilah tersebut.


Sory sebelumnya ini adalah pembahasan yang dasar sekali bagi yang sudah dalem ilmunya, ya nuwun sewu atau permisi. Bagi sobat muslim yang belum mengetahui definisi dari mukallaf, mukmin dan muslim, dibawah ini akan dijelaskan secara detail. Tanpa panjang dan lebar yuk kita sama-sama belajar dari ketiga makna tersebut dibawah ini.

Pengertian atau definisi mukallah

Mukallaf adalah orang yang sudah memiliki akal sehat dan sudah dewasa (baligh). Laki-laki yang sudah balig diidentikasi atau ditandai dengan pernah keluarnya darah pu*tih meskipun melalui mimpi. Sedangkan bagi kaum hawa yaitu telah datang bulan atau mengeluarkan darah pu*tih baik melalui hubungan suami dan istri maupun dengan cara bermimpi. Atau kalau dilihat dari umur kurang lebih laki-laki mapun perempuan menginjak usia lima belas tahun. Jika hal ini sudah terjadi maka disebut dengan sudah baligh dan secara otomasi memasuki arena perintah Alloh SWT. Wajib menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Pengertian atau definisi Mukmin

Mukmin adalah orang yang percaya dan yakin dalam hatinya mengenai pokok-pokok keimanan yang terperinci, tapi bukan hanya sekedar percaya dan yakin saja akan tetapi disertai dengan ucapan dan perbuatan. Sedangkan Rukun Iman dalam Islam adalah sebagai berikut:
  1. Dalam hati iman kepada Allah SWT
  2. Dalam hati iman kepada para malaikat Allah SWT
  3. Dalam hati iman kepada kitab-kitab Allah SWT yang pernah diturunkan yaitu Zabur, Taurat, Injil dan Alqur’an
  4. Dalam hati iman kepada para Nabi dan Rasul Allah SWT
  5. Dalam hati iman kepada kepada hari akhir (kiamat)
  6. Dalam hati iman kepada takdir baik dan dan takdir buruk Allah SWT (Qodho dan Qodar)
Ke enam rukun iman tersebut sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad SAW saat menjawab pertanyaan dari malaikat Jibril.

Pengertian atau definisi Muslim

Muslim yaitu orang yang beragama Islam, bukan Islam KTP lho hehe, tapi memeluh Agama Islam secara totalitas atau tunduk dan patuh terhadap semua hukum dan ajaran Islam secara lahir batin. Muslim adalah tindakan selanjutnya setelah mengimani sebagaimana terurai diatas dan sebagai bentuk ungkapan atas keimanan tersebut.

Baca juga : 
Itulah pengertian dan definisi mukallaf, mukmin dan muslim yang semoga dapat menambah wawasan Ilmu Agama kita, atau sebagai ingatan ilmu Agama yang telah terlupakan. Semoga bermanfaat.

Advertisement


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top