Rukun Wudhu Wajib Anda Tahu | Informasi Islami

Rukun Wudhu Wajib Anda Tahu

Rukun Wudhu Wajib Anda Tahu

Rukun wudhu sebagaimana yang telah diajarkan oleh para ulama bahwan rukun wudhu ada enam, apa saja itu? yuk kita simak sama-sama. Berwudhu adalah merupakan ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap muslim ketika hendak melakukan ibadah sholat. Tanpa memiliki wudhu kita akan selalu menanggung hadast kecil dan jika hadast kecil tidak dihilangkan maka sholat pun tidak sah. Oleh karena itu sobat muslimin-muslimat wudhu wajib menjadi bagian dari aktivitas kehidupan kita.


Sedangkan arti wudhu sendiri berdasarkan syariat Islam adalah menggunakan air untuk anggota badan tertentu yang diawali dari niat. Rutin berwudhu akan menjadikan wajah kita selalu tampak berseri-seri dan memiliki aura wajah yang bercahaya.

Dengan air wudhu yang kita basuhkan ke anggota badan akan menyegarkan tubuh, juga akan menghilangkan rasa malas kita. Berwudhu juga memili dampak positif bagi kesehatan tubuh yang luar biasa belum lagi manfaat-manfaat lainnya bahkan banyak keajaiban bagi orang yang selalu melanggengkan wudhu (selalu menjaga dirinya dari segala hadast kecil). Nah jika sobat ingin mendapatkan manfaat wudhu tentunya sobat harus rajin wudhu bukan hanya saat hendak melakukan sholat saja. Kembali lagi ke rukun wudhu, mengenai rukun wudhu sendiri ada enam dan untuk yang lain adalah sunnah. Apa saja ke 6 fardu wudhu ini, berikut ulasannya.

Niat

Rukun wudhu yang pertama adalah niat, niat dilakukan dalam hati bersama dengan membasuh muka. Nah agar lebih mudah memasang niat wudhu dalam hati ini sobat bisa melafadhkan niat wudhu berikut ini.
Membasuh muka

Yang kedua adalah membasuh muka bersamaan dengan niat dalam hati. Membasuh muka ini mulai dari tumbuhnya rambut kepala sampai dagu, mulai dari bagian telinga kanan sampai telinga kiri. Jika dibagian wajah terdapat rambut misalnya jenggot maka harus membasuh disela-sela jenggot sehingga air dapat mengenai kulit dagu.

Membasuh kedua tangan

Yang ketiga adalah membasuh kedua tangan yaitu dibasuh hingga bagian siku-siku tangan.

Mengusap sebagian kepala

Yang ke empat adalah mengusap sebagian kepala boleh depan, belakang atau samping. Yaitu ambil air dengan tangan kemudian basuhlah hingga tiga kali.

Membasuh kedua kaki

Yang ke lima adalah membasuh kedua kaki minimal sampai mata kaki.

Tertib

Yang ke enam adalah tertib, tertib ini maksudnya adalah melakukan rukun wudhu secara berurutan yaitu mendahulukan mana yang harus dahulu dan mengakhirkan mana yang harus dikerjakan di akhir yaitu sebagaimana urutan diatas. Jadi didak boleh dibolak-balik.

Demikian 6 rukun wudhu yang wajib dilakukan saat berwudhu dan harus dilakukan dengan berurutan atau tertib yang telah dibahas pada rukun ke 6 diatas. Rajin-rajinlah berwudhu untuk menjaga kebersihan diri dari hadast kecil. Dengan selalu menjaga wudhu Insya Allah, Allah juga akan menjaga kita.

Jika sudah berwudhu jangan lupa baca Do’a Setelah Wudhu.

Advertisement


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top